Sunday, January 20, 2013

Perbedaan Musik Metal Dan Musik Rock

 Mungkin bagi orang awam sulit untuk membedakan musik metal dan rock, bagi mereka kedua jenis musik ini nggak ada bedanya sama-sama musik keras dan bikin bising telinga. Namun dilihat dari pandangan musikal ada beberapa perbedaan dari kedua jenis musik ini. Berikut adalah beberapa perbedaan musik metal dan rock menurut pandangan saya:

1. Penyanyi : Dalam musik metal banyak atau sebagian besar vokalis mereka memiliki suara yang growl, scream atau teriak-teriak seperti sedang kerasukan dan inilah beberapa orang menilai bahwa musik metal adalah musik setan. Berbeda dengan metal suara-suara vokal band rock lebih melodius dan enak didengar, scream merekapun terdengar lebih asyik dan lebih jelas apa yang sedang dinyanyikannya seperti contoh vokalis skid row Sebastian Bach dengan suara tingginya yang khas dan seksi. mungkin itu perbedaan dari segi vokal.

2. Permainan Distorsi Gitar : dalam hal pemilihan suara/efek gitar musik metal lebih menggunakan distorsi yang lebih tebal dan terkesan dengan permainan yang acak-acakan dan jauh dari melodius namun ada sebagian yang permainannya cukup melodius contohnya seperti Metallica. dalam musik rock pemilihan dalam efek gitar lebih melodius dan permainan mereka pun terkesan bersih (Clean) dan melodic.

3. Tempo : Dari segi tempo musik metal memliki tempo fast (cepat) dan hanya sedikit dari lagu beraliran metal yang bertempo lambat. musik rock selain temponya yang juga cepat musik rock juga menggunakan tempo yang lambat contoh seperti lagunya Guns n roses Don't cry.

4. Tema Lagu : Tema-tema yang ada dalam musik metal lebih pada lagu yang bertemakan tentang kegelapan, penyiksaan, darah, kekerasan, dan tidak sedikit menggunakan tema Anti Agama. sedangkan tema-tema dalam musik rock lebih mengacu pada cinta, protes, alam/Lingkungan, sosial.

mungkin itulah perbedaan musik metal dan musik rock menurut pendapat saya. Dan mungkin masih banyak lagi perbedaannya. Sekian dan terima kasih


26 comments:

  1. Musik Rock juga ada yang anti agama kakak, namanya Occult Rock. Tema lagu musik metal yang kakak sebut cuma mengarah ke Death sama Black Metal. Tema lagu Metal sama Rock luas kok kak. Banyak tema lain, Kemarahan, Cerita, Politik, Perang, Fantasi, Kebingungan, Tentang Manusia dll.

    Kayaknya nih kakak lebih pro Rock

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi benar memang metal dan rock masih ada sub cabangnya sendiri, enggak semata - mata musik metal itu musik nya satanis. penjelasan metal diatas itu bukan penjelasan metal secara umum tapi death metal. coba mas pelajari ulang pengertian mas tentang metal

      Terimakasih, terus berkarya mas

      Delete
  2. Metal itu Besi, Rock itu Batu... silahkan diinterpretasi sendiri... :)

    ReplyDelete
  3. saya setuju dg ulasan diatas.....dan sy jg setuju dg diskripsi mas ilham, Metal itu besi, Rock itu batu. Metal susah dipecahkan dengan martil tapi batu masih bisa dipecahkan dengan martil. Jd spt ulasan artikel diatas, musik metal cenderung sangat keras shg susah dinikmati oleh telinga kita, sebaliknya musik rock tdk sekeras musik metal, shg msh bisa dinikmati oleh telinga
    kita.begitu kira2 garis besarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kau salah bg,avenged sevenfold dear god apakah tidak enak didegarkan,sepertinya telingau itu perlu di stel bg

      Delete
    2. Betul tuh @togel. Avenge ssevenfold - dear god itu genre metal, tapi tetap enak kok didengar. :)

      Delete
    3. @hantu, dear god emang lgu metal? KayaknKa lebih ke rok deh daripada celana

      Delete
  4. Kurang setuju.
    Siapa bilang permainan gitar dalam metal trkesan acak acakan. Ngakak deh.
    Coba dengerin Megadeth,Stratovarious,Obscura,Beyond Creation,Bahkan Yang Paling Kasar Seperti Marduk,Mayhem Pun Saya anggap gk acak acakan. Itu cuman krna Di Efek gitarnya aja mungkin.
    Tema Lagu dalam metal Banyak kok. Malah temanya lebih komplit drpada Rock.
    Wah vokalnya kayak kesurupan?ngakak deh.
    Bagi ane biasa aja,itu memang patokan dalam musik deathmetal&blackmetal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju gan. Justru musik metal klo menurut ane skill musik metal lebih wah dari pada rock. Gitaris juga gak acak-acakan kok

      Delete
  5. Jadilah penulis yg berwawasan.kalo ilmu belum cukup jangan post!!

    ReplyDelete
  6. Death metal emang TOP. yang lain semakin ketinggalan

    ReplyDelete
  7. Death metal emang TOP. yang lain semakin ketinggalan

    ReplyDelete
  8. Heyy boss.. Metal dan rock itu sama sama punya banyak subgenre. Yg anda sebutkan hanya dari beberapa subgenre.. Disini anda seakan akan menilai musik metal tidak teratur. Harusnya anda belajar lebih banyak dulu.. Jangan pkai opini yg anda anggap atas nama smua orang..

    ReplyDelete
  9. Ama aja gues,yg namanya pecinta musik keras gak ada namanya pilih2 mau metal\rock sama aja,yg penting enak di dengar... Coba lihat seperti kobe band,band ini adalah band rock tapi alirannya metal,tapi menurut gw ada 2 kmungkinan yg buat gw heran apakah kobe band gk tau musik rock/metal atau apakah memang mreka sngaja menyatukan antara rock & metal tp yg pnting gw pecinta musik keras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  10. Jgn asal aj kalau berkata-kata di sini Anda seakan menyudutkan music metal itu sesat, untuk lu yg post ini , go to hell." salam pecinta Sevenfold"

    ReplyDelete
  11. gak semua musik metal suranya growl, secream kok gan, coba lit genre "power metal", suara mereka tinggi dan clean.

    ReplyDelete
  12. Ini satu komunitas metal aja pada debat. Yg namanya musik ya terserah interpretasi masing2 pemusik. Walaupun dia mengakui beraliran metal, tp kalau lagu yg dibawain melow boleh2 aja. Musik itu kebebasan.

    ReplyDelete
  13. yang disebutin tadi itu death/black metal ga semua metal,contohnya a7x itu metalcore

    ReplyDelete